Sejarah Industri Makanan di Dunia

Keberadaan restaurant atau rumah makan di daerah sekitar kita semakin hari semakin menjamur. Mulai dari rumah makan sederhana seperti rumah makan padang, restaurant cepat saji seperti Mc D, KFC, Burger King dsb. Hingga restaurant internasional yang sangat berkelas salah satunya Kudeta Restaurant.
Namun pernahkah anda berpikir sejenak dan membayangkan bagaimana industry makanan pada jaman dahulu? Siapa pelopornya? Dan bagaimana jalur perkembangannya? Dari beberapa buku yang saya baca tentang industry makanan di dunia, saya akhirnya bisa menyimpulkan hal sebagai berikut,
Pada tahun 1980an, masyarakat kita ternyata telah mengenal kehadiran industry makanan tersebut. Namun kalangan yang dapat menikmatinya hanyalah kalangan kelas atas atau bangsawan-bangsawan kerajaan. Hal ini disebabkan karena sikap raja atau bangsawan itu sendiri yang harus selalu menginginkan hal-hal yang special. Begitupun dalam hal makanan dan minumannya. Para raja tentunya harus disuguhkan makanan yang special baik dari segi bahan, proses memasak hingga penyajiannya. Semuanya harus sempurna. Beda dengan rakyat biasa pada jaman itu, mereka tidak telalu mementingkan hal tersebut. Hal itu disebabkan karena bahan makanan yang mereka inginkan mereka tanam sendiri dan jika ingin makan tinggal ambil di kebun dimasak dengan bumbu sederhana lalu dimakan. Apakah enak? Tentu saja enak! Kalau perut lapar nasi dengan garampun enak rasanya🙂
Tahun 1789-1799 pada revolusi perancis merupakan awal kebangkitan dunia rumah makan atau restaurant di seluruh dunia. Tepatnya tahun 1765 di kota paris akibat revolusi besar-besaran dari negera perancis menyebabkan para koki mulai mendirikan restaurant dan café-café. Adalah Monsieur Boulanger seorang koki yang pertama kali membuka restaurant untuk umum di kawasan kota paris-perancis.
Karena melihat industry makanan mulai berjalan dengan begitu baik kemudian seorang koki yang sangat terkenal di jamannya yang bernama Marie Antonie Carame yang memiliki ide untuk mengembangkan dan mengklasifikasikan makanan kedalam berbagai golongan (Garde Manger, Pastry & Bakery, Rotisseur, Saucier dll)
Namun cara memasak dan masakan mereka masih tergolong tradisional. Sampai akhirnya George Auguste Escoffier yang hidup antara tahun 1847-1935 yang merupakan koki terhebat di perancis membawa nuansa baru ke dunia masak-memasak yang sering dikenal dengan “modern cookery” saking hebatnya koki yang satu ini hingga banyak karya recipe-recipe nya dijadikan pedoman untuk teknik dasar-dasar memasak di seluruh dunia. Selain sebagai Bapak Modern Cookery beliau juga diberikan gelar sebagai Emperor Of The World Kitchen’s!
Begitulah sekilas perjalanan dunia industry makanan. Pada intinya semakin berkembang peradaban manusia, maka kebutuhan makan setiap orang tidak hanya sekedar menjadi kebutuhan hidup, tetapi merupakan kemewahan tersendiri bagi beberapa orang.
Semoga bermanfaat kawan..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: